Jumat, 14 Mei 2010

Gubernur Jawa Tengah Implementasikan Program “Bali Ndeso Mbangun Deso” Di Grobogan

Buzz this!

(Dikutip dari; grobogan.go.id)

Gubernur Jawa Tengah Implementasikan Program “Bali Ndeso Mbangun Deso” Di Grobogan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo melakukan kunjungan kerja di Desa Monggot Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan untuk mengimplementasikan Program “Bali Ndeso Mbangun Desa” yang berlangsung di lapangan Desa Monggot, Kamis (2/7).
Gubernur Bibit Waluyo yang didampingi Kepala SKPD terkait Propinsi Jawa Tengah, diterima oleh Bupati Grobogan H.Bambang Pudjiono. SH. Hadir dalam acara itu, jajaran penjabat Kabupaten Grobogan; Muspida, Ketua DPRD, Kepala Dinas/Instansi terkait dan undangan.
Dalam kesempatan itu, Gubernur Bibit Waluyo berharap kepada seluruh SKPD dan masayarakat Grobogan Program “Bali Ndesa Mbangun Desa” agar di sambut dengan gembrigah dan bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hanya itu yang diinginkan, lainnya tidak.
Program tersebut dapat dikembagkan di pedesaan, dengan berbagai bantuan yang baru saja diserahkan tersebut. Ada ternak, bibit unggul jati, jarak, nyamplung. Itu semua dalam rangka untuk menyatu dengan alam, tanaman tersebut harus di tanam dan di pelihara, supaya alam ijo royo-royo.
Kalau alam kelihatan ijo royo-royo, maka di situ ada kehidupan dan air. Maka hutan yang ada jangan di rusak. Semakin hutan rusak, masyarakat semakin sengsara. Air tidak ada, panas bukan main. Untuk itu pohon tersebut, wajib hukumnya harus di tanam.
Pihaknya berjanji, akan memberikan berbagai bantuan untuk kelestarian alam. Jika hutannya lestari rakyat mesti mukti, sebaliknya hutan rusak rakyat mesti sengsara. Nanti saat musim penghujan, tanam pohon dan jangan lupa di pelihara dengan baik, supaya tumbuh subur.
Gubernur menyatakan siap membantu apa saja kepada warga Grobogan, asal mau gembrigah dan bekerja keras, termasuk membantu modal dari BPD. Yang perlu di catat, asal bantuan tersebut harus dikembalikan. Semua itu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Saat meninjau Bedung Kali Lanang yang nantinya mendapat aliran dari Sungai Tuntang, pihaknya mengupayakan, mendapat dana dari Departemen PU sebesar Rp 15 Milyar. Dana sebesar itu, sebagai upaya untuk mengfungsikan Bendung Kali Lanang, yang kini keadaannya memprhatinkan. Bendung Lanang jika dapat berfungsi nantinya, akan mampu mengairi ribuan sawah di sekitarnya.
Ketua Bappeda Jawa Tengah, melaporkan bahwa kunjungan Gubernur Jawa Tengah ini dalam rangka mengimplementasika Program “Bali Ndesa Bangun Desa” dan pemberian berbagai bantuan untuk kemajuan Kabupaten Grobogan dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Ruang linghkup dan sasaran bantuan mencapai nilai setara Rp 7,5 Milyard.
Bantuan sebesar itu dengan perincian Rp 6,9 Milyard dari APBD Propinsi Jawa Tengah dan APBN, sisanya dari donatur. Secara ringkas dapat dikelompokkan menjadi tiga. Yang pertama sesuai misi sebesar Rp 2,7 Milyar, yaitu meliputi bantuan simpan pinjaman untuk kelompok perempuan, peningkatan mutu intensifikasi kedelai, kacang hijau dan padi non hibrida, bantuan bibit jati unggul dan mangga okulasi, bantuan bibit nyamplung untuk kawasan sekitar Wdungk Kedung Ombo, bantuan bibit jarak pagar, sapi dan biji kapas, serta bantuan instanlasi bio gas asal ternak untuk masyarakat.
Selain itu, bantuan pemipil jagung, bantuan pengadaan jaring gilnet, serta pembuatan leservas dan penebaran benih ikan. Adapun kategori kelompok ke dua yang sejalan dengan misi yang ke empat yaitu peningkatan suber daya manusia, maka dialokasikan dana senilai Rp 3,26 Milyard yaitu alokasi dari bidang pendidikan, bantuan pelayanan pengendilian penduduk, dan bantuan untuk Puskesmas, rumah sakit serta bantuan bidang kesehatan lainnya.
Kategori ke tiga sesuai misi ke lima, adalah untuk infrastruktur dan sarana pendkung lainnya meliputi bantuan pemugaran rumah tipe C Sarpras lngkungan serta pembuatan sertifikasi tanah dan bantuan pembangunan untuk bangunan evakuasi bencana alam, serta simulasi perumah swadaya.

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

0 comments:

Klik Here To Show All Comment


Poskan Komentar

newer page older page home
top